Keluarga

Diklaim Berbahaya, Apa Itu Roblox Dan Tips Aman Bermainnya

Diklaim Berbahaya, Apa Itu Roblox Dan Tips Aman Bermainnya

Buibu, si kecil di rumah lagi suka bermain game Roblox di gadgetnya? Katanya, game Roblox menyimpan potensi yang berbahaya buat si kecil, lho!

Padahal kalau diawasi dengan baik, sebenarnya game Roblox memiliki manfaat buat anak. Apalagi, Roblox merupakan jenis permainan multiplayer gaming experience yang bisa dimainkan oleh anak-anak dan dewasa.

Tapi sebenarnya, apa Itu Roblox? Mengapa permainan ini menuai pro kontra, meski banyak yang bilang banyak manfaatnya untuk anak? Yuk, penjelasan mengenai apa itu Roblox dalam ulasan berikut.

Orang tua harus tahu, apa itu Roblox?


Photo source: www.roblox.com 

Jadi, apa itu Roblox? Kalau mengutip dari WebWise, Roblox sendiri mengklaim dirinya sebagai game imajinatif yang memungkinkan penggunanya mengembangkan atau melainkan beragam game online secara 3D. Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, dan hingga saat ini sudah memiliki 64 jutaan pemain tiap bulannya dengan 178 juta akun yang terdaftar.

Roblox juga mengklaim bahwa mereka merupakan jenis game yang mirip Minecraft berjenis multiplayer gaming experience. Game ini juga dapat diunduh oleh gadget mulai dari Android hingga iOS. Selain itu, game ini juga tersedia untuk PC, Tablet serta XBox One.

Sebenarnya mengenai apa itu Roblox sendiri, dibuat agar para gamers bisa membuat game sendiri sekaligus bersosialisasi, berinteraksi dan berteman dengan pengguna lain secara real time atau online. Kreativitas para gamers sangat diadu dalam game ini, terutama dalam menciptakan ‘dunia lain’ bersama teman atau sekadar menjelajah imajinasi secara virtual.

Roblox sendiri nggak memiliki cerita atau narasi linier yang jelas. Game ini hanya fokus menjembatani anak untuk menciptakan gamenya sendiri.

Kenapa Roblox diklaim nggak aman untuk anak?


Melalui website resminya, Roblox menjelaskan bahwa platform ini menawarkan berbagai macam ribuan game gratis buatan para gamers lain. Kita bisa membangun taman hiburan dengan desain suka-suka, berkompetisi menjadi pembalap mobil profesional, menjadi fashion desainer, menjadi pahlawan super, hingga merancang rumah impian sesuai keinginan. 

Nggak cuma itu, game Roblox juga memiliki mata uang sendiri bernama Robux yang fungsinya bisa digunakan untuk membeli fitur tambahan seperti; upgrade avatar, atau membeli aneka fitur-fitur tambahan lainnya. Jadi, secara keseluruhan mengenai apa itu Roblox merupakan jenis game yang mudah dimainkan. 

Bahkan, game Roblox untuk anak bisa mengasah kreativitas, melatih anak belajar gaming dan coding, mengasah skill komputer anak, serta melatih skill entrepreneurship sejak dini. Tapi, kenapa ya belakangan ini game Roblox diklaim nggak aman untuk anak?

Kalau mengutip dari laman Parents alasan kuat apa itu Roblox dan alasan kuat mengapa Roblox tidak cukup aman bagi anak-anak adalah, karena game ini merupakan sebuah game interaktif yang menawarkan fitur seperti chat atau kotak obrolan. Nah, dalam fitur chat tersebut tentu si kecil nggak hanya akan berinteraksi dengan anak lain saja, melainkan juga dengan orang dewasa.

Diketahui, hal ini sangat berpotensi membuat ia bertemu dengan predator anak dan kemungkinan eksploitasi lainnya. Anak-anak juga berisiko terpapar aneka konten-konten yang kurang pantas atau tidak sesuai usia.

Tips bermain Roblox untuk anak biar lebih aman

Setelah mengetahui apa itu Roblox, serta alasan mengapa game ini dianggap sangat berisiko buat anak-anak, namun perlu Ibu ketahui bahwa dengan pengawasan yang ketat dari orang tua, sebenarnya game ini masih aman dimainkan oleh si kecil. Tapi yang terpenting, game Roblox dimainkan oleh anak sesuai dengan usia yang direkomendasikan.

Mengutip dari Today’s Parent bermain game Roblox untuk anak dianjurkan pada usia 13+. Walau begitu, Roblox menyatakan, sejatinya ada beberapa game yang bisa dipilih berdasarkan kategori usia, yaitu 9+, 13+ dan 17+.

Di dalam sistem pengaturan game Roblox juga sebenarnya sudah terdapat fitur parental control, yang menawarkan kontrol atau verifikasi dari orang tua untuk menjaga keamanan si kecil saat bermain. Meski begitu, para ahli tetap menyarankan, agar orang tua selalu terlibat langsung dalam mengawasi tiap game yang dimainkan si kecil dalam Roblox.

Tips lain yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga si kecil tetap aman saat bermain Roblox:

  • Ajarkan pada si kecil untuk tidak membagikan data pribadi pada orang asing yang tidak dikenali saat bermain Roblox. Data pribadi yang dimaksud adalah; nama asli, nama sekolah, alamat tempat tinggal dan informasi pribadi lainnya.
  • Pastikan si kecil hanya mengobrol atau chat dengan akun yang orang tua kenali. Ajarkan pada si kecil untuk menghindari orang-orang asing yang baru ia kenal di dalam game tersebut.
  • Nyalakan autentikasi dua faktor dengan password yang rumit dan unik. Ini berguna untuk menjaga si kecil apabila terhubung dengan perangkat atau akun asing.
  • Nyalakan fitur pemantauan konten internal atau parental control, agar orang tua bisa tetap memantau apabila terjadi kecurangan online, kemungkinan pelecehan dan hal kriminal lain yang berbahaya bagi anak. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Roblox juga bisa membantu memblokir akun pengguna yang nakal tersebut.
  • Wajib up to date segala hal tentang game online yang dimainkan di kecil dalam Roblox. Sebab, pelaku kejahatan online punya berbagai macam cara untuk bisa mencelakai si kecil. Termasuk menawarkan hadiah mata uang Roblox, serta penipuan lainnya.
  • Pasang fitur antivirus untuk memastikan si kecil menggunakan internet dengan aman.

Nah, setelah mengetahui apa itu Roblox dan cara aman mencegah si kecil terjebak kejahatan online, kini semua kembali ke pilihan para orang tua. Kalau Ibu sendiri tim yang masih melarang anak main Roblox atau sebaiknya, nih?