Keluarga

Fakta Unik, Kelahiran Anak Denny Sumargo Usai Keguguran Berulang

Fakta Unik, Kelahiran Anak Denny Sumargo Usai Keguguran Berulang

Denny Sumargo alias ‘Pebasket Sombong’ yang dikenal memiliki konten-konten lucu ini, baru saja resmi menjadi seorang Ayah. Ia dan sang istri, Olivia Allan melahirkan anak pertamanya bernama Gabriella Allan Soemargo pada 27 Juli 2024 lalu.

Penantian Denny Sumargo dan istrinya dalam mewujudkan mimpi untuk memiliki anak memang butuh perjuangan. Pasalnya, Olivia sempat gagal berkali-kali dalam program bayi tabung yang dijalankan.

Bahkan, Olivia sempat mengalami keguguran sebanyak 3 kali, serta gagal menjalani program IVF di luar negeri. Tapi kini, keduanya bisa bersyukur dan bernapas lega, atas kehadiran sang anak yang lucu dan menggemaskan.

Fun fact perjalanan Denny Sumargo dan istri untuk memiliki anak


Photo source: Instagram @sumagodenny

1. Pernah gagal hamil sebanyak tiga kali

Ci Oliv, begitu ia akrab disapa, pertama kali mengetahui dirinya hamil usia berlibur ke Amerika usia menjalani karantina pasca Covid-19 beberapa tahun lalu. Sayangnya di minggu ke 9 kehamilan, dokter menyatakan janin tidak berkembang dengan baik akibat detak jantung yang sudah menghilang.

Desember 2021, Oliv pun terpaksa menjalankan proses kuretase. Tak pantang menyerah, istri Denny Sumargo ini berhasil hamil kembali usai mengubah pola hidup sehat pada Maret 2022 melalui proses inseminasi.

Ci Oliv pun kembali kehilangan janinnya di usia 10 minggu. Organ tubuh janin dinyatakan mengalami jantung bocor. Tak gentar, di kehamilan ketiganya Oliv pun mencoba program IVF di Malaysia.

Sayangnya, dari empat embrio yang dihasilkan hanya ada dua yang dinyatakan layak untuk ditanam di rahim. Namun, program ini pun gagal akibat kantung kehamilan kosong dan Olivia harus menjalani kuretase yang ketiga kalinya.

Di percobaan IVF kedua, Olivia dan Denny Sumargo mencoba melakukannya di Indonesia. Sayangnya kualitas sperma Denny Sumargo dinyatakan kurang bagus, sehingga embrio yang dihasilkan juga kondisinya tidak baik.

2. Kehamilan keempat, jadi harapan yang paling dinanti


Photo source: Instagram @gabriellasumargo

Ada yang unik dari fakta anak Denny Sumargo yang keempat ini. Dari sekian banyak program kehamilan yang dilakukan, semua embrio yang ada berjenis kelamin laki-laki.

Namun, di program IVF ketiga yang kembali dijalankan di Indonesia, muncul embrio perempuan yang kemudian ditanamkan di rahim Olivia bersama dengan embrio laki-laki. Sayangnya, embrio laki-laki tidak berkembang sempurna, sementara embrio perempuan dinyatakan sehat dan kuat.

Setelah berkali-kali gagal, Olivia pun dinyatakan hamil sehat bersama sang jabang bayi yang berjenis kelamin perempuan. Hal ini membuat Oliva sangat menjaga kehamilannya, karena Denny Sumargo juga sangat menginginkan anak perempuan yang dinanti bertahun-tahun lamanya.

3. Dukungan Denny Sumargo bikin Ci Oliv kuat meski gagal berkali-kali


Photo source: Instagram @oliviasumargo

Dalam konferensi pers yang dilakukan pada beberapa waktu lalu, sebelum Olivia melahirkan sang anak, ia mengakui memang sempat down saat mengalami keguguran berulang kali. Namun, dukungan Denny Sumargo menjadi salah satu kekuatan untuk Olivia menjadi tetap kuat berjuang dalam mendapatkan sang anak.

Denny Sumargo tahu betul bagaimana memperlakukan Olivia, saat mentalnya sedang tidak baik-baik saja kala itu. Denny juga nggak pernah memaksakan agar Olivia segera melakukan program kehamilan kembali, karena ia tahu betapa lelahnya perjuangan yang ia lakukan secara fisik maupun mental.

Menurut Olivia, saat ia hamil Gabriella, Denny Sumargo sangat jarang mengambil job shooting yang jadwalnya terlalu padat. Ia lebih banyak menemani sang istri di rumah, terutama saat malam hari sebelum tidur.

4. Gabriella Allan Soemargo, nama unik yang didapat dari sebuah gereja di Italia


Photo source: Instagram @gabriellasumargo

Selama Ci Oliv hamil, Denny Sumargo sempat mengambil job shooting di Italia dan menyempatkan diri untuk berkunjung ke sebuah gereja tua. Di sana ia berdoa, dan meminta diberikan kesehatan bagi sang istri dan juga calon putri kecilnya.

Saat tengah berdoa, Denny Sumargo mengaku langsung terpikirkan nama Gabriella sebagai nama yang akan diberikan pada sang anak nantinya. Di Italia sendiri, nama Gabriella dikenal sebagai nama-nama baptis yang berarti anak yang kuat.

5. Lahir di tahun Naga, Gabriella disebut sebagai Baby Dragon


Photo source: Instagram @sumargodenny

Gabriella sendiri lahir di RSIA Bunda Jakarta, melalui persalinan caesar eracs. Biel begitu si kecil akrab disapa, lahir dengan berat badan yang cukup dan dikenal sebagai Baby Dragon.

Hal ini berkaitan dengan tahun lahir Biel yang menurut kalender Tionghoa masuk ke dalam tahun Naga dengan sifat-sifat kepemimpinan yang kuat, cerdas dan pemberani.

6. Olivia melahirkan di usia 38 tahun


Photo source: Instagram @oliviasumargo

Dengan usianya yang sudah di atas 35 tahun, dianggap cukup berisiko tinggi apabila Olivia masih terus bersikeras untuk melahirkan secara pervaginam. Olivia juga mengungkapkan, setelah berkali-kali gagal hamil ia juga sempat khawatir di usianya sekarang, kapan tepatnya bisa hamil kembali.

Dr. Arie Polim, Sp.OG yang telah membantu proses persalinan Olivia mengatakan, jarak dua tahun adalah waktu terbaik hamil kembali usai melahirkan caesar. Sebab, tubuh full recovery dan sudah lebih siap untuk hamil kembali, sang bayi juga sudah lulus ASI eksklusif sehingga nggak akan mengganggu bonding antara Ibu dan anak nantinya.

Sebagai informasi tambahan, jika mengutip dari Mayo Clinic risiko hamil di atas 35 tahun ada banyak. Misalnya saja seperti; peningkatan tekanan darah, risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, risiko operasi caesar berulang, risiko bayi mengalami kelainan kromosom atau cacat lahir dan lain sebagainya.

7. Olivia dan Denny Sumargo sangat menikmati perannya sebagai Ibu dan Ayah


Photo source: Instagram @sumargodenny

Meski sibuk dengan pekerjaannya, Denny Sumargo nampak sangat menikmati perannya sebagai Ayah baru. Ia juga selalu menyempatkan diri bermain bersama sang anak, sebelum pergi bekerja.

Juga menemani Olivia saat harus terbangun tengah malam untuk menyusui si kecil Biel. Nggak cuma itu, Olivia juga terlihat sangat excited menjalani perannya sebagai Ibu baru.

Walau lelah harus begadang menyusui anaknya, namun Olivia tampak sangat bahagia, terlihat dari beberapa story yang ia bagikan di Instagram pribadinya. Nggak cuma itu, Oliva juga sengaja membuatkan akun Instagram khusus untuk Gabriella yang kini tercatat telah memiliki ratusan followers.