Keluarga

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Bisa Bantu Cegah Sariawan Pada Anak

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Bisa Bantu Cegah Sariawan Pada Anak

Bibir dan mulut yang sariawan, jelas bikin nggak nyaman ya Parents. Nggak cuma buat orang dewasa, anak-anak yang menderita sariawan juga sudah pasti sangat nggak nyaman.

Kalau si kecil sariawan, bukan tidak mungkin bisa sangat memengaruhi nafsu makannya. Bahkan, pada anak-anak usia balita mungkin juga akan lebih rewel dari biasanya.

Itulah mengapa menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil jadi hal yang penting dilakukan. Nggak cukup hanya dengan menyikat gigi, namun Parents juga perlu memerhatikan ada tidaknya kondisi gigi yang berlubang, agar tidak menyebabkan penyakit lain di kemudian hari.

Seperti apa sih tata cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini yang bisa Parents lakukan setiap hari? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil


Tahukah Parents? Ternyata rongga mulut menjadi tempat utama yang dapat menyebarkan virus dan juga penyakit ke tubuh manusia, lho! Yes, dijelaskan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sistem stomatognatik yang mencakup rongga mulut, bibir, gigi, gusi, lidah dan otot-otot rahang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh si kecil.

Semua komponen-komponen ini nggak boleh mengalami gangguan, apalagi jika terpapar virus dan penyakit. Jika terdapat gangguan di salah satu komponen, maka otomatis dapat memengaruhi sistem kerja komponen lainnya yang bisa membuat imun tubuh menurun, dan rentan sakit.

Kalau sudah sakit, bukan tidak mungkin nantinya pertumbuhan dan perkembangan si kecil bisa saja terganggu. Menurunnya nafsu makan, jadi salah satu contoh nyata yang kerap dialami oleh para orang tua ketika salah satu sistem stomatognatik anak terganggu, misalnya saat anak sariawan atau sakit gigi akibat gigi berlubang.

Itulah mengapa, Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan khusus, agar sejak dini anak-anak selalu diajarkan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut mereka. Supaya nggak mudah terserang penyakit berbahaya yang nggak diinginkan.

WHO juga mengungkapkan, walau bukan tergolong penyakit menular, namun justru penyakit yang menyangkut kesehatan gigi dan mulut ini telah diderita oleh lebih dari 3,5 miliar orang di dunia. Jelas ini menjadi beban global yang sangat besar di rumah sakit dan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama di negara-negara dengan populasi yang masif.

Untuk itu, WHO bekerjasama dengan unit kesehatan masyarakat di negara-negara dengan kasus kesehatan gigi dan mulut yang paling besar, senantiasa selalu mengedukasikan pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak masih anak-anak. Selain menyikat gigi, untuk menyempurnakan perawatan kesehatan rongga mulut para dokter juga mulai memberikan edukasi pada para orang tua, untuk mengajarkan anak-anak berkumur menggunakan mouthwash untuk anak.

Sering sariawan, jadi salah satu pertanda adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut


Salah satu faktor risiko anak sering sariawan salah satunya adalah, akibat kebersihan mulut yang nggak dijaga dengan baik. Nah, pada awal kemunculannya, sariawan mungkin nggak akan langsung terasa sakit.

Biasanya justru malah bisa berkembang menjadi gejala-gejala lain misalnya; muncul ruam putih atau kemerahan di pipi bagian dalam, di bibir, di bawah lidah dan lain sebagainya. Kalau jumlah sariawan di mulutnya sudah lebih dari satu, hal ini juga bikin si kecil sulit mengunyah makanan.

Akibatnya, nafsu makan si kecil sudah pasti menurun. Kalau sariawan sering terjadi dalam beberapa bulan sekali, bukan tidak mungkin hal ini malah bisa mengakibatkan pertumbuhan si kecil jadi terganggu akibat kekurangan nutrisi.

Dikutip dari Children Hospital pada beberapa kasus sariawan pada anak, akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut, juga jadi pertanda kekebalan tubuh yang sedang melemah. Kondisi ini pun, dapat menyebabkan munculnya lesi di mulut atau sariawan.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan produk yang tepat

Selain memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi si kecil setiap hari, ternyata dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut juga memerlukan produk perawatan khusus yang aman bagi anak-anak, lho! Karena, anak-anak usia 3 tahun ke atas masih memiliki gigi susu yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik.

Pastikan, Parents juga mengajarkan anak untuk menyikat gigi 2 kali sehari, berkumur dengan obat kumur anak dan memilih produk perawatan tepat yang terbuat dari bahan-bahan organik ya. Layaknya rangkaian produk perawatan gigi dan mulut dari Buds Organics for Kids.

Buds Organics for Kids merupakan produk perawatan premium untuk anak dan bayi yang kehadirannya sudah ada sejak 10 tahun lalu. Semua produk dari Buds Organics for Kids juga sudah tersertifikasi ECOCERT, yang 100% dibuat dari bahan-bahan organik berkualitas yang aman digunakan, ramah lingkungan dan aman untuk anak-anak dengan kulit sensitif.

ECOCERT sendiri, menurut Blenda Ticoalu, selaku Director PT Inti Berkat Jaya, yang menjadi distributor resmi Buds Organics, merupakan sebuah organisasi terkemuka dan terpercaya di dunia. “Di mana organisasi ini, bertugas untuk mendukung dan mempromosikan praktik berkelanjutan, hanya dengan menggunakan 95% tumbuhan organik dan mengandung minimum 20% organics materials dan keseluruhan formula,” jelasnya.

Nggak cuma itu, untuk mendapatkan sertifikasi COSMOS Organics dari ECOCERT, proses produksi termasuk packaging juga harus ramah lingkungan. Pastinya juga nggak boleh menggunakan bahan-bahan petrokimia.

Hal ini sejalan dengan semua produk Buds Organics for Kids, yang tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk tubuh anak (triclosan, sodium lauryl sulphate atau SLS, sodium laureth sulphate atau SLES dan lainnya). Buds Organics for Kids, dalam pengujian produknya juga nggak melibatkan hewan dan diujicobakan pada hewan.

Nah, bicara soal kesehatan gigi dan mulut anak, pada kesempatan kali ini, Buds Organics for Kids juga merilis obat kumur dan lip balm khusus anak untuk melengkapi produk oral carenya. Produk-produk tersebut memiliki manfaat penting buat anak, yang jika dijabarkan seperti berikut:

  • Buds Organics for Kids (Lip Balm): Memiliki kandungan Omega-3, 10 kali lebih banyak dibandingkan minyak ikan. Berfungsi menutrisi, menyamankan, melindungi bibir serta melembapkan bibir sampai 24 jam lamanya. Membuat bibir si kecil jauh lebih sehat, terhidrasi dengan baik dan terhindar dari risiko sariawan dan bibir pecah-pecah akibat sering mengelupas kulit bibir yang kering.
  • Buds Organics for Kids (Obat Kumur Anak): Memiliki kandungan prebiotik polisakarida organik yang dapat memberi 7 perlindungan komprehensif bagi gigi dan mulut anak. Serta menguatkan giginya yang sensitif, melawan plak, mencegah gigi berlubang, mengurangi bau napas yang tidak sedap, serta meningkatkan manfaat dari pasta gigi yang si kecil gunakan. Obat kumur dari Buds Organics for Kids juga dapat membantu menghidrasi dan membuat gusi terasa lebih nyaman ketika meradang, akibat tumbuh gigi atau sariawan.

Parents juga nggak perlu khawatir, sebab produk perawatan oral dari Buds Organics for Kids ini juga aman tertelan oleh anak-anak usia 3 tahun ke atas. Blenda juga mengungkapkan, Buds Organics telah mengkurasi dan memproduksi produk-produk untuk anak, dengan kesadaran penuh bahwa kulit dan sistem imun anak belum berkembang sempurna.

Sehingga, rangkaian produk perawatan oral dari Buds Organics for Kids ini dapat memberikan banyak manfaat, terutama untuk anak-anak dengan kondisi khusus seperti; kulit yang sensitif, atau masalah gigi akibat pola makan yang tidak sehat. Parents bisa mendapatkan produk perawatan kesehatan gigi dan mulut anak dari Buds Organics for Kids di marketplace dan toko offline seperti Baby Wise.

Pssst…terdapat promo menarik seperti special bundling dan free gift untuk pembelian Buds Organics for Kids di Baby Wise mulai tanggal 2 Oktober nanti, nih! Parents yang nggak sempat mampir ke store, busa juga membeli produk ini secara online di seluruh toko resmi Buds Organics di TikTok Shop, Tokopedia, Shopee, Blibli dan Lazada atau kunjungi toko rekanan Buds Organics terdekat, ya! Informasi lebih lanjut, Parents bisa mengunjungi website resmi www.budsorganics.com.