Keluarga

Hacks Cara Membersihkan Peralatan Dapur, Cuma Perlu Direndam!

Hacks Cara Membersihkan Peralatan Dapur, Cuma Perlu Direndam!

Buibu yang suka masak, pasti senang banget deh kalau masakannya disukai oleh seluruh anggota keluarga. Apalagi kalau yang makan terlihat lahap dan minta nambah, wah pasti ada kepuasan tersendiri deh!

Tapi, yang nggak banyak orang tahu, dibalik masakan yang enak tersimpan pula masalah lain yang mau nggak mau harus Ibu hadapi, yaitu membersihkan peralatan dapur. Yes! Buat Ibu yang gemar masak makanan berlemak, yang menyisakan banyak minyak, butuh trik khusus biar peralatan dapur bisa bersih sempurna seperti sediakala, bukan? 

Terlebih kalau peralatan dapur yang digunakan adalah plastik, pasti akan sangat sulit membersihkan peralatan dapur yang sudah menempel dengan lemak minyak. Eits, nggak perlu khawatir zaman sudah canggih ya Bu.

Ada banyak sekali hacks cara membersihkan peralatan dapur dengan mudah, meski wadah tersebut sangat berminyak. Bahkan nggak perlu effort untuk menggosoknya berkali-kali, lho! Yuk, intip cara berikut!

Cara membersihkan peralatan dapur dengan mudah


Salah satu ‘musuh bebuyutan’ Ibu-Ibu yang gemar memasak adalah, membersihkan sisa minyak dari peralatan dapur yang digunakan. Butuh usaha ekstra untuk membersihkannya, dengan cara digosok berkali-kali menggunakan spons pencuci piring dan sabun.

Kadang, lemak minyak yang membandel juga nggak langsung hilang meski sudah digosok berkali-kali. Nah, inilah salah satu hal yang ujung-ujungnya jadi bikin Buibu jadi malas masak, bukan? 

Yuk, merapat sekarang! Ibumin kasih beberapa tips cara membersihkan peralatan dapur yang baik agar bebas dari minyak. Jangan lupa dicatat ya, Bu!

1. Cara membersihkan peralatan dapur dari plastik


Setuju nggak Bu, bahwa peralatan dapur dari plastik layaknya wadah makanan, jadi salah satu benda yang sulit dibersihkan dari sisa minyak? Tapi, sekarang nggak akan sulit lagi kalau Ibu menyimak hacks dari Ibumin.

Yup! Kalau mengutip dari Eating Well cara membersihkan peralatan dapur dari plastik cukup mudah, yaitu dengan menambahkan satu tetes sabun pencuci piring, yang dicampur dengan air panas. Kemudian, tutup, dan kocok-kocok. 

Buka tutup wadah plastik, dan buang airnya. Voila! Sisa lemak membandel di wadah plastik pun hilang tanpa perlu berkali-kali digosok. Effortless banget kan, Bu? 

2. Cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel


Cara membersihkan peralatan dapur dari minyak memang nggak mudah. Tapi, sebenarnya cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel cenderung lebih mudah, jika dibandingkan membersihkan peralatan berbahan dasar plastik.

Apalagi, kalau mengutip dari New York Times ada banyak sekali pilihan untuk membersihkan peralatan stainless steel. Misalnya, dengan mengisi wajan stainless steel dengan air, lalu teteskan sabun pencuci piring.

Rebus hingga mendidih dan keluar sedikit busa. Buang air rebusan, dan gosok perlahan menggunakan bagian spons yang lembut.

Sayangnya terkadang noda membandel tersebut masih ada yang menempel, dan sulit hilang. Nah, Ibu mungkin bisa menambahkan 1 sdt soda kue ke dalam wajan, beri satu tetes sabun pencuci piring, rebus hingga mendidih, dan buang airnya. 

Biasanya hacks ini bisa jauh lebih works, untuk noda minyak membandel. Lalu bagaimana dengan mixing bowl atau mangkuk adonan kue yang kadang juga sulit dibersihkan, kalau sudah bertumpuk dengan lemak dari margarin? 

Ternyata cara membersihkannya juga mudah kok, Bu, yaitu dengan merendam mangkuk dengan air panas. Tambahkan satu tetes sabun pencuci piring, kalau Ibu memiliki spatula atau alat pengaduk kue yang juga terbuat dari stainless steel, manfaatkan sambil mengocok rendaman tersebut sampai lemak adonan atau margarin terlepas.

Cuci kembali dengan sabun, kemudian bilas hingga bersih. Sedikit catatan, cara membersihkan peralatan stainless steel dari minyak ini nggak boleh menggunakan spons dengan tekstur kasar ya Bu.

3. Cara membersihkan peralatan dapur, yuk manfaatkan bahan yang ada!


Kehabisan stok soda kue di rumah? Jangan khawatir! Ibu bisa juga memanfaatkan beberapa bahan yang ada. Salah satunya seperti garam dan perasan jeruk lemon.

Mengutip dari Times of India keduanya terbukti cukup efektif dalam menghilangkan noda lemak membandel, lho! Jika menggunakan garam, pada wadah atau wajan stainless steel, Ibu bisa merendamnya dengan air panas dan diberikan 1 sdm garam kasar.

Rendam selama kurang lebih satu jam. Kemudian, buang air rendaman, dan bersihkan noda yang masih tersisa secara menyeluruh menggunakan spons dan sabun pencuci piring.

Kalau Ibu memilih menggunakan perasan lemon, Ibu memerlukan sedikit bantuan satu genggam beras yang sudah direndam dengan air panas, kemudian diberi perasan lemon. Rendaman air beras dan lemon memiliki fungsi ‘magic’ yang dapat membantu mengangkat lemak minyak membandel tanpa perlu menggosoknya berkali-kali.

4. Alat alternatif untuk membersihkan peralatan dapur


Pada beberapa jenis noda membandel, seperti noda minyak gosong, kadang memang bikin proses pembersihan jadi jauh lebih lama dan butuh effort khusus. Selain merendam dan dicampur dengan bahan-bahan tambahan yang ada, yang juga perlu Ibu pahami adalah kita nggak melulu harus menggunakan spons atau scrubber, lho! 

Sebab terkadang sponge dan scrubber ada yang memiliki tekstur kasar, dan bikin peralatan dapur seperti lapisan pada panci anti lengket rentan terkelupas. Alih-alih tetap butuh alat yang bisa menggosok sisa lemak dengan aman, Ibumin biasanya memanfaatkan serabut kelapa atau serabut gambas.

Teksturnya memang nggak sekasar scrubber yang tersedia di pasaran, tapi sangat membantu dalam membersihkan sisa lemak sekaligus menjaga keawetan peralatan dapur tersebut. Sehingga nggak mudah mengelupas.

Catatan penting membersihkan peralatan dapur yang perlu diperhatikan


Dikutip dari Her Zindagi walaupun sudah mengikuti beragam hacks cara membersihkan peralatan dapur yang baik, namun Ibu tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut, yaitu:

  1. Usahakan untuk membersihkan peralatan dapur sesegera mungkin. Semakin lama Ibu membiarkan minyak menempel, semakin sulit untuk menghilangkannya. Proses perendaman dengan air panas bisa dilakukan tidak lebih dari satu jam.
  2. Pastikan tidak gunakan air dingin. Sebab, air dingin dapat membuat minyak mengeras, sehingga lebih sulit dihilangkan.
  3. Jangan gunakan bahan kimia keras yang tidak food grade. Bahan kimia keras dapat merusak permukaan panci dan wajan.
  4. Jika ada noda membandel, jangan menggosoknya terlalu keras, karena dapat merusak permukaan panci dan wajan kesayangan Ibu.

Nah, inilah beberapa hacks cara membersihkan peralatan dapur dan minyak membandel. Kira-kira cara manakah yang seringkali Ibu lakukan?