Keluarga

Bijak Pilih Wadah Yang Tepat, Cek Simbol Tempat Makan Berikut

Bijak Pilih Wadah Yang Tepat, Cek Simbol Tempat Makan Berikut

Maraknya botol minum dan kotak bekal plastik yang beredar di pasaran, dengan harga yang relatif lebih murah, bikin kita harus lebih teliti dalam memilih bahan yang tepat dan aman digunakan. Kebanyakan orang, tergoda membeli wadah dan botol plastik tersebut hanya karena bentuknya yang menarik.

Tapi, tahukah Ibu? Ternyata nggak semua bahan plastik untuk wadah botol dan kotak bekal tersebut aman digunakan, lho! Apalagi jika mereka nggak mempunyai simbol tempat makan tertentu yang sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI).

Kalau diperhatikan lagi, biasanya di belakang wadah kotak bekal dan botol minum terdapat aneka simbol, angka dan kode segitiga daur ulang yang menunjukkan peruntukannya. Jadi, penggunaan wadah berbahan dasar plastik maupun kaca nggak boleh sembarangan ya, Bu.

Sebab beberapa bahan wadah justru hanya bisa digunakan sekali pakai. Nah, agar Ibu lebih aman dalam memilih wadah kotak bekal dan botol minum anak, yuk perhatikan terlebih dahulu arti simbol tempat makan berikut ini.

Ragam arti simbol di tempat makan


Faktanya, mengenai aman atau tidaknya wadah plastik yang hendak kita gunakan bisa diketahui dari simbol tempat makan pertanda khusus yang tertera di wadah plastik tersebut, lho! Untuk itu, dalam memilih wadah tempat makan maupun botol minum, sangat penting diperhatikan.

Nggak hanya aman digunakan sebagai wadah tempat makan, ternyata wadah maupun botol tersebut juga harus aman jika disimpan di suhu dingin kulkas maupun suhu panas microwave. Yuk, lebih bijak memilih wadah plastik dan kaca dengan memerhatikan aneka arti simbol tempat makan berikut:

1. Simbol food grade

Artinya bahan ini aman untuk wadah makanan, jika digunakan bahannya nggak akan mentransfer zat berbahaya ke dalam makanan. 

2. Simbol hand wash only

Simbol tempat makan ini, biasanya lebih banyak digunakan khusus botol. Arti hand wash only di sini, menandakan bahwa wadah tersebut hanya bisa dicuci menggunakan spons pencuci piring dan nggak boleh masuk ke dalam dishwasher maupun sterilizer bersuhu tinggi.

3. Simbol freezer safe

Arti simbol tempat makan yang satu ini menandakan bahwa wadah tersebut, aman disimpan di dalam lemari pendingin, tanpa risiko retak atau pecah.

4. Simbol microwave safe

Artinya, wadah tersebut aman digunakan di dalam microwave, tidak meleleh dan nggak akan melepaskan zat-zat berbahaya ke dalam makanan.

5. Simbol oven safe

Menandakan bahwa wadah ini, aman digunakan di dalam oven bersuhu tinggi tanpa menimbulkan risiko meleleh ataupun pecah.

6. Simbol dishwasher safe

Artinya, wadah ini aman jika harus dicuci di dalam mesin pencuci piring atau dishwasher tanpa membuat rusak ataupun pudar.

Simbol tempat makan, khusus wadah berbahan dasar plastik


  • Angka 1 (PET): Menandakan bahwa, botol plastik tersebut hanya dapat digunakan satu kali. Tidak untuk air panas, dan biasanya sering ditemukan pada kemasan botol air kemasan.
  • Angka 2 (HDPE): Plastik berbahan dasar ini biasanya kaku, berwarna dan cenderung nggak tembus pandang. Awet dan tahan lama, aman untuk menyimpan air panas dan dingin. Contohnya seperti botol susu, botol sampo dan plastik kemasan lain.
  • Angka 3 (PVC): Biasanya digunakan untuk bahan pipa air hingga mainan anak. Dikutip dari Good Housekeepingsimbol angka 3 ini menunjukkan bahwa bahan PVC ini jarang bisa didaur ulang. Karena, proses daur ulang dengan dibakar berisiko dapat melepaskan racun.
  • Angka 4 (LDPE): Merupakan bahan plastik tipis, yang digunakan untuk kantong plastik dan bungkus makanan. Meski aman digunakan sebagai wadah sementara, namun simbol tempat makan berbahan plastik ini nggak bisa didaur ulang dan digunakan berulang.
  • Angka 5 (PP): Biasanya digunakan untuk tempat makanan, minuman dan sedotan plastik. Nah, plastik jenis ini juga cenderung lebih kuat dan tahan panas. Contohnya seperti, wadah makan berbahan dasar plastik, sedotan plastik dan tali botol minum.
  • Angka 6 (PS): Tidak direkomendasikan untuk wadah makanan, karena bisa mengeluarkan bahan yang bersifat karsinogen. Terutama saat terkena panas contohnya seperti wadah styrofoam, tempat telur, dan aneka bahan bangunan.
  • Angka 7 (Other): Jenis plastik kemasan ini, merupakan plastik yang tidak termasuk dalam klasifikasi 6 kode sebelumnya. Tapi, untuk lebih pastinya Ibu bisa mengecek beberapa tanda seperti; BPA Free, Food Safety, hingga batas suhu tinggi sebelum menggunakannya sebagai wadah makanan maupun minuman.

Namun, jika mengutip dari laman Toxic Free Future ada baiknya, hindari bahan plastik dengan simbol angka 7 untuk wadah botol susu anak ya, Bu. Sebab, angka 7 menunjukkan plastik tersebut terbuat dari polikarbonat yang merupakan jenis plastik keras bening, yang risiko paparan zat karsinogennya juga masih tetap ada.

Pentingnya mengetahui simbol tempat makan yang aman


Zaman sekarang, sangat penting memilih wadah tempat makan dan botol minum yang tepat. Karena berdasarkan penelitian yang berkembang, para ahli makin mengetahui bahwa nggak semua wadah cocok digunakan sebagai tempat makanan.

Lantas, seberapa penting mengetahui simbol tempat makan yang aman? Kalau menurut Reusable Packaging Newsberikut ini adalah beberapa alasan mengapa mengetahui simbol tempat makan sangat penting:

  • Memproteksi makanan yang kita konsumsi dari zat-zat berbahaya yang terkontaminasi di dalam wadahnya
  • Untuk mengetahui umur simpan wadah
  • Melindungi makanan agar tidak cepat rusak dan basi
  • Menjaga kesegaran makanan
  • Memilih wadah makan yang tepat, juga bermanfaat untuk mencegah bentuk makanan mudah rusak ketika hendak dikirim.

Untuk menjaga kesehatan keluarga di masa depan, yuk mulai cek lagi wadah makanan dan minuman yang hendak Ibu gunakan. Semoga informasi mengenai simbol tempat makan ini, bisa bermanfaat ya, Bu.