Keluarga

GOAT! 20 Slang Generasi Alpha Yang Parents Wajib Tahu!

GOAT! 20 Slang Generasi Alpha Yang Parents Wajib Tahu!

Zaman Ibumin remaja dahulu, tiap tahunnya akan selalu keluar bahasa-bahasa gaul atau slang yang kerap populer. Makin Ibumin dewasa, ternyata trend bahasa gaul ini terus berkembang di tiap generasi.

Slang atau bahasa gaul yang muncul juga berbeda-beda di tiap generasi. Tak terkecuali slang generasi Alpha yang saat ini juga memiliki aneka slang khusus, yang tak jarang bikin orang tua bingung mengartikannya.

Terlebih sejak kemunculan aneka game-game canggih dan kartun-kartun anak lainnya, yang bahasanya juga menyesuaikan zaman. Biar tetap nyambung ngobrol bareng si kecil, yuk kita cek kumpulan slang generasi Alpha yang perlu Parents ketahui!

Apa itu slang?


Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) slang merupakan sebuah ragam bahasa yang nggak resmi, juga nggak baku. Slang juga merupakan bahasa yang bersifat musiman.

Golongan orang yang menggunakan bahasa slang biasanya adalah para remaja. Bahasa slang biasanya juga merupakan sebuah jembatan untuk berkomunikasi secara intern.

Bisa juga menjadi bahasa rahasia, supaya kelompok lain nggak mengetahui topik pembicaraan yang sedang berlangsung. Untuk gen Alpha slang sendiri, kebanyakan diadaptasi dari istilah dalam sebuah game ataupun slang bahasa Inggris lainnya.

Perlu Parents ketahui juga, nggak semua bahasa slang generasi Alpha memiliki makna dan arti yang baik. Disinilah fungsi penting orang tua, dalam mengetahui arti dan makna dari bahasa slang generasi Alpha.

Supaya anak-anak nggak asal menyebutkan bahasa slang tersebut, yang maknanya mungkin nggak baik dan kurang pantas jika dijadikan bahasa sehari-hari anak-anak.

Slang generasi Alpha yang Parents wajib tahu!


1. GOAT

Pada awalnya, Ibumin mengira bahwa GOAT merupakan bahasa Inggris yang berarti kambing. Tapi ternyata Ibumin salah nih, Parents.

Sebab, kalau mengutip dari Business Insider, GOAT merupakan kependekan dari greatest of all time. Di mana slang generasi Alpha ini, biasanya digunakan dalam dunia gamers dan olahraga yang artinya adalah sangat bagus.

2. Bussin’

Masih menurut Business Insider, sebenarnya slang generasi Alpha ini sudah populer sejak tahun 2020 lalu di platform sosial media TikTok. Slang generasi Alpha ini biasa digunakan untuk menggambarkan betapa lezatnya sebuah makanan.

 3. Lore

Gen Alpha slang yang satu ini juga cukup sering didengar oleh anak-anak masa kini ya, Parents. Lore sendiri dalam bahasa Inggris berarti sebuah tradisi ataupun kepercayaan tertentu dalam suatu kelompok.

Tapi, dalam slang generasi Alpha, artinya agak sedikit bergeser. Lore yang dimaksud dalam slang generasi Alpha ini mengisyaratkan agar seseorang, bisa berbagi fakta tentang sebuah cerita karena kisah tersebut dianggap cukup menarik.

4. Skibidi

Siapa sih yang nggak tahu dengan serial Youtube viral bernama Skibidi Toilet? Sejak awal kemunculannya yang seram dan mengerikan ini, dianggap memiliki konotasi negatif.

Bahkan, Skibidi seringkali dipraktikan oleh anak-anak kecil dengan gerakan yang kurang jelas dan tidak baik. Sehingga, dikhawatirkan bisa menyebabkan dampak buruk bagi anak-anak.

5. Flex/Flexing

Dikutip dari Parents flexing merupakan sebuah bahasa slang yang awalnya diperkenalkan oleh African American Vernacular (AAVE) dan hip-hop rapper. Flex atau flexing sendiri merupakan versi slang dari pamer.

Tapi, dalam konotasi negatif yang menunjukkan ketenaran, prestasi, kekayaan, ketrampilan dan lain sebagainya. Slang generasi Alpha yang satu ini cukup sering kita dengar, Parents tentunya sudah sering mendengar istilah ini di beberapa akun media sosial, bukan?

6. Cap/No Cap

Cap sendiri merupakan slang generasi Alpha yang menunjukkan ketika seseorang berbohong dan melebih-lebihkan sebuah cerita. Sebaliknya, no cap berarti seseorang yang berbicara jujur dan apa adanya.

7. Periodt

Slang generasi Alpha ini menandakan akhir percakapan, diskusi tentang topik, atau pernyataan. Sayangnya, istilah ini seringkali dikaitkan dengan komunitas gay yang berasal dari kulit hitam bagian Selatan Amerika. Sebisa mungkin, hindari bahasa slang ini digunakan oleh anak-anak ya Parents!

8. Dripp

Dripp lebih sering digunakan sebagai slang generasi Alpha, yang berkaitan dengan dunia fashion. Dripp sendiri diartikan sebagai penampilan yang sangat keren dan stylish.

9. Sheesh

Gen Alpha Slang yang satu ini mirip seperti “oh my god/damn” dalam bahasa Inggris. Yang mengartikan sebuah ekspresi terkejut, atau terpesona terhadap sesuatu.

10. Bop/Not Bop

Slang generasi Alpha yang satu ini mengartikan bahwa ada yang kurang menyenangkan dalam suatu keadaan. Lawan kata not bop sendiri adalah bop yang berarti sangat menyenangkan.

11. Mad Lit

Ketika seseorang dianggap memiliki gaya hidup yang berlebihan, biasanya anak-anak generasi Alpha seringkali menyebut mereka dengan istilah mad lit. Tapi, mad lit juga seringkali menggambarkan sesuatu yang dianggap sangat keren.

12. Sus

Sus merupakan kependekan dari suspect atau suspicious. Dalam bahasa Inggris sendiri, keduanya memiliki arti mencurigakan atau mencurigai sesuatu yang dianggap janggal.

13. Mewing

Slang generasi Alpha selanjutnya adalah mewing, yang artinya adalah sebuah tindakan yang meletakkan lidah di langit-langit mulut. Biasanya istilah ini digunakan saat seseorang sedang melakukan pose foto tertentu, agar garis rahangnya terlihat lebih tajam.

14. Gyatt

Slang generasi Alpha yang satu ini, sering sekali Ibumin dengar di kalangan konten kreator Youtube, terutama gamers. Gyatt merupakan istilah yang digunakan seseorang, yang menggambarkan pujian kepada perempuan dengan bentuk tubuh yang menarik. Contoh kalimatnya seperti, “oh my gyatt!” atau “wow, gyatt!”.

15. Rizz

Rizz sendiri merupakan slang generasi Alpha yang berarti karismatik. Artinya orang tersebut sangat menarik dan memiliki sisi romantis dengan daya tarik tinggi.

16. Ratio’d

Biasanya, slang generasi Alpha ini lebih sering digunakan oleh pengguna aktif media sosial, ketika kontennya lebih banyak mengandung kritik ketimbang jumlah likes-nya. Orang tersebut juga jadi dianggap bodoh oleh netizen karena kecerobohannya dalam membagikan sesuatu di sosial media.

17. ICK

ICK adalah gen Alpha slang yang menggambarkan sesuatu yang sangat menjijikan. Terkadang juga membuat seseorang merasa ilfeel karena perbuatannya. Contoh kalimatnya seperti, “tiba-tiba dia kentut, that is such an ick!”.

18. Low Vibrational

Biasanya, gen Alpha slang yang satu ini menggambarkan bahwa seseorang dianggap memancarkan energi negatif. Ia tidak memiliki ‘getaran’ yang membuat orang-orang tertarik untuk berkawan dengannya.

19. Gucci

Slang generasi Alpha yang satu ini bukan merujuk pada merek sebuah tas berharga fantastis ya, Parents. Melainkan, gucci adalah istilah yang menggambarkan sesuatu yang baik, keren dan fantastis.

20. Ohio

Slang generasi Alpha yang terakhir ini memiliki arti seseorang dianggap aneh atau menggambarkan sebuah kondisi lingkungan yang nggak biasa. Sehingga membuat orang tersebut jadi nggak nyaman.

Nah, dari 20 slang generasi Alpha yang Ibumin sebutkan di atas, slang manakah yang seringkali disebutkan oleh si kecil di rumah?