Kesehatan

7 Obat Gatal Alami Untuk Anak, Mudah Ditemukan Di Rumah!

7 Obat Gatal Alami Untuk Anak, Mudah Ditemukan Di Rumah!

Gatal-gatal merupakan sebuah kondisi gangguan pada kulit yang kerap dialami oleh anak-anak. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Sekecil apapun gigitan serangga, hal ini bisa membuat si kecil secara otomatis akan terus menggaruk kulit yang gatal. Sayangnya, efek dari menggaruk ini justru bisa bikin kulit si kecil jadi iritasi hingga infeksi.

Memang, saat ini ada berbagai macam obat gatal yang beredar di pasaran dan dijual di beberapa apotek. Tapi, obat-obatan yang dijual bebas tersebut belum tentu cocok buat kulit si kecil.

Untuk menghindari iritasi makin parah, Ibu bisa banget nih mencoba aneka obat gatal alami yang mudah ditemukan di rumah. Yuk simak ulasan berikut tentang apa saja sih aneka obat gatal alami untuk anak yang aman dicoba.

Penyebab gatal pada kulit anak


Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa si kecil seringkali menggaruk-garuk kulitnya akibat gatal. Pada anak-anak yang aktif bermain di luar rumah, gatal yang muncul bisa terjadi akibat gigitan serangga seperti nyamuk dan serangga lainnya.

Nggak menutup kemungkinan juga, bagi anak-anak yang bermain di dalam rumah juga bisa terkena gigitan serangga seperti kutu kasur, kamitetep, semut dan lainnya yang menjadi penyebab gatal di kulit anak. Gatal akibat gigitan serangga umumnya ditandai dengan timbulnya ruam merah.

Namun, pada beberapa kasus gatal-gatal pada anak juga seringkali nggak menimbulkan ruam. Mengutip dari Healthline pada kasus seperti ini, gatal yang ditimbulkan biasanya akibat kulit si kecil yang cenderung kering.

Penyebab kulit kering, bisa akibat faktor lingkungan, cuaca panas, atau terlalu dingin. Terkadang juga disebabkan oleh aktivitas yang dapat menurunkan kelembapan kulit, seperti mandi dengan air panas.

Anak yang memiliki riwayat eksim, sangat berisiko mengalami kulit kering. Sehingga, butuh perawatan khusus agar tidak timbul gatal yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat gatal alami paling ampuh, bisa dicoba!


Ibumin paham betul, memberikan obat gatal alami untuk anak memang nggak boleh sembarangan ya,  Bu. Kesalahan sedikit saja dalam memberikan obat, bisa membuat kondisi kulit si kecil malah makin memburuk.

Sebelum memberikan obat gatal alami untuk si kecil, ada baiknya Ibu bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Agar dokter bisa memberikan saran, obat gatal alami mana yang kira-kira cukup aman digunakan oleh si kecil.

Sambil bertanya pada dokter, Ibumin akan berikan beberapa referensi obat gatal alami yang nantinya bisa Ibu coba di rumah:

1. Es batu 


Yes! Ibu nggak salah baca, kok. Es batu memang menjadi salah satu obat gatal alami yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology Association (AAD).

Cukup kompreskan bagian yang gatal dengan es batu yang sudah dilapisi kain. Lakukan selama 10 menit hingga gatalnya hilang. Buibu sudah pernah mencoba cara ini? 

2. Oatmeal


Masih menurut para ahli dari AAD, mandi dengan berendam oatmeal ternyata sangat ampuh untuk menenangkan kulit. Terutama untuk kulit yang melepuh atau mengeluarkan cairan akibat cacar air, gatal-gatal, atau terbakar sengatan matahari.

3. Madu


Sebenarnya, kalau mengutip dari Very Well Health hanya ada sedikit bukti bahwa madu bermanfaat untuk mengatasi eksim, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu mungkin efektif mengatasi gatal karena sifat imunomodulasinya. Madu bisa menjadi obat gatal alami, jika anak tidak memiliki alergi pada serbuk sari pada madu.

Cukup oleskan madu tipis-tipis pada bagian yang gatal. Bisa juga mengoleskan lotion khusus yang mengandung madu, untuk membantu melawan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan luka akibat garukan si kecil.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang sangat baik digunakan untuk si kecil yang memiliki kulit kering, dan mudah gatal. Dikutip dari Medical News Today anak-anak yang memiliki masalah kulit seperti eksim merasakan bahwa obat gatal alami dari minyak kelapa ini, dapat menenangkan kulit dan mengurangi gejala seperti kulit kering dan gatal. 

Terlebih sebagian besar jenis eksim bisa menyebabkan bercak kulit kering, gatal, dan bersisik yang mungkin pecah-pecah dan berdarah.

5. Sari cuka apel


Sari cuka apel menjadi salah satu obat gatal alami yang juga dapat dicoba di aplikasikan ke kulit. Sari cuka apel dapat membantu mengurangi rasa gatal dengan menurunkan peradangan dan meningkatkan kelembapan pada kulit.

Namun, penggunaanya harus sesuai dengan petunjuk dokter. Terutama bagi si kecil yang memiliki kulit sensitif, mengingat pH asam pada cuka yang cukup tinggi, dapat mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan sensasi terbakar.

6. Lidah buaya


Ternyata, lidah buaya juga jadi salah satu obat gatal alami yang bisa mengatasi iritasi ringan pada kulit akibat kulit kering, lho! Lidah buaya memiliki pelembap alami yang dapat membantu kulit tetap lembap, dan mencegah kulit kering.

7. Air putih


Tahukah Ibu? Ternyata kulit si kecil yang gatal tanpa sebab, dan bikin kulitnya jadi kering bisa juga terjadi akibat ia kekurangan cairan dalam tubuhnya, lho! Sehingga, obat gatal alami paling mujarab yang sangat mudah dikonsumsi adalah dengan memperbanyak minum air putih, yang dapat membantu kulit tetap lembap dan terhindar dari kulit kering.