Konsepsi

3 Posisi Setelah Berhubungan Ini, Bisa Tingkatkan Peluang Hamil

3 Posisi Setelah Berhubungan Ini, Bisa Tingkatkan Peluang Hamil

Orang tua zaman dahulu banyak yang mengatakan, salah satu cara agar bisa cepat hamil setelah berhubungan intim adalah dengan mengangkat kaki ke tembok. Menurut mereka hal ini bertujuan untuk memudahkan sperma untuk berenang menuju ke sel telur.

Wah, benar nggak ya? Sebenarnya sampai saat ini, belum ada penelitian khusus yang menunjukkan bahwa posisi setelah berhubungan agar cepat hamil, dengan cara mengangkat kaki ke tembok terbukti efektif. Namun, terdapat beberapa posisi setelah berhubungan tertentu yang diklaim oleh para ahli bisa mempercepat proses pembuahan.

Akan tetapi, agar kemungkinan hamil setelah berhubungan kesempatan ya lebih besar, pastikan Ibu juga memerhatikan waktu masa subur. Kombinasi antara berhubungan saat masa subur dan menerapkan posisi setelah berhubungan yang disarankan ahli, akan memperbesar kemungkinan cepat hamil.

Posisi setelah berhubungan yang disarankan ahli

Selain mengangkat kaki ke tembok, salah satu posisi setelah berhubungan yang konon juga dapat meningkatkan peluang kehamilan adalah dengan berbaring sejenak sekitar 10-15 menit. Namun, jika dikutip dari Glamour, menurut Dr. Emmanuelle Bagdasarian, yang merupakan spesialis kebidanan Good Samaritan Medical Center, Florida, mengungkapkan berdasarkan sebuah penelitian tahun 2016 yang melibatkan 500 orang wanita yang menjalankan program kehamilan, posisi ini tidak terbukti benar-benar meningkatkan peluang kehamilan dengan lebih baik.

Bahkan, para wanita yang langsung bergerak usai berhubungan intim, tanpa melalui proses berbaring terlebih dahulu, peluang hamilnya justru lebih besar. Secara garis besar, rutin berhubungan intim dengan memerhatikan masa subur wanita, lebih meningkatkan peluang kehamilan.

Tapi, selagi tidak merugikan dan membahayakan tubuh, memang nggak ada salahnya kalau Ibu mau mencoba beragam posisi setelah berhubungan yang bisa berpotensi meningkatkan peluang kehamilan lebih cepat. Berikut adalah beragam posisi setelah berhubungan yang dapat dicoba:

1. Berbaring telentang setelah berhubungan

Dikutip dari laman Parents, menurut ahli endokrinologis, Dr. Christopher Williams, MD mengungkapkan bahwa, karena posisi vagina terletak di bagian bawah tubuh, maka berbaring telentang setelah berhubungan, dianggap menjadi posisi terbaik yang dapat meningkatkan peluang kehamilan. Posisi ini diklaim dapat memudahkan sperma untuk berenang menuju sel telur.

Lalu, bagaimana dengan posisi setelah berhubungan dengan telentang sambil mengangkat kedua kaki ke tembok? Menurut Dr. Williams sebenarnya hal tersebut nggak ada salahnya dicoba, hanya saja secara keseluruhan hal tersebut nggak terlalu berpengaruh besar terhadap peluang kehamilan.

2. Menyelipkan bantal di bawah pinggul

Posisi setelah berhubungan yang satu ini, konon juga bisa meningkatkan peluang kehamilan dan membantu sperma berenang lebih mudah menuju sel telur. Mengutip dari WebMD menyelipkan bantal di bawah panggul, dipercaya merupakan sebuah gaya gravitasi yang dapat menggerakkan sperma, agar bisa berenang lebih mudah dan masuk ke dalam sel telur dengan kondisi yang lebih baik.

Selain itu, posisi setelah berhubungan dengan menyelipkan bantal di bawah pinggul juga berguna untuk para wanita yang memiliki rahim abnormal, yang menyebabkan sperma akan lebih mudah keluar usai berhubungan.

3. Berbaring tanpa bergerak

Berbaring tanpa bergerak sedikitpun, konon juga merupakan posisi setelah berhubungan yang cukup banyak disarankan oleh orang tua zaman dahulu. Selain berbaring telentang, setelah berhubungan Ibu diminta untuk berbaring sejenak sekitar 10-15 menit tanpa menggerakkan tubuh sedikitpun.

Katanya, posisi ini dapat membantu sperma masuk ke sel telur dengan lebih cepat tanpa terhalang oleh pergerakan tubuh. Sehingga otomatis, peluang untuk hamil juga jadi lebih tinggi.

Cara lain agar bisa cepat hamil setelah menerapkan posisi setelah berhubungan


Sebenarnya masih banyak cara cepat hamil yang bisa kita lakukan, selain menerapkan posisi setelah berhubungan di atas. Bahkan, peluang kehamilannya mungkin juga lebih besar.

Salah satu cara cepat hamil yang dapat dengan mudah Ibu lakukan adalah, dengan memperbaiki pola makan dan lifestyle menjadi lebih sehat terlebih dahulu. Apalagi, tubuh kita perlu mempersiapkan ‘rumah’ yang aman bagi calon bayi nantinya.

Pastinya, kita tentu selalu ingin isi atau bagian dalam ‘rumah’ si kecil nantinya cukup nyaman untuknya, bukan? Untuk itu, mengubah lifestyle menjadi lebih sehat dengan menghindari aneka makanan berpengawet, perbanyak asupan protein, sayur dan buah sangat penting dilakukan. Berolahraga rutin juga jadi agenda wajib untuk mempersiapkan kehamilan, dan meningkatkan peluang untuk cepat hamil usai berhubungan.

Cara lain agar bisa cepat hamil setelah berhubungan lain yang dapat diterapkan antara lain adalah: 

  • Wajib buang air kecil usai berhubungan

Mengutip dari Medical News Today buang air kecil usai berhubungan, menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Buang air kecil, dapat membantu tubuh mengeluarkan bakteri dari uretra yang dapat mencegah kemungkinan wanita mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK). 

Buang air kecil setelah berhubungan juga nggak akan memengaruhi peluang seorang wanita untuk hamil. Namun, bisa menjaga agar organ intim wanita tetap bersih dan sehat, untuk mempersiapkan kehamilan nantinya. 

  • Minum segelas air putih

Saat berhubungan, tubuh mengeluarkan banyak cairan melalui keringat. Minum segelas air putih usai berhubungan, dapat membantu menghilangkan dahaga dan melancarkan peredaran darah.

Sedikit banyak, peredaran darah yang lancar juga bisa memengaruhi kemungkinan sperma berenang lebih mudah dan lancar menuju sel telur. Air putih juga dapat membantu mencegah kram otot yang sering terjadi usai berhubungan.

  • Berhubungan intim secara rutin

Para ahli menyarankan, peluang untuk seorang wanita bisa cepat hamil selain menerapkan posisi setelah berhubungan di atas adalah, harus rutin berhubungan intim 1-3 kali dalam seminggu. Penting juga agar berhubungan intim harus memerhatikan masa subur, agar peluang kehamilan makin besar.

  • Konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung asam folat

Buncis, bayam, sereal ataupun kentang merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi. Disarankan, apabila Ibu tidak bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian, maka sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat tambahan yang diresepkan oleh dokter.

  • Menghindari segala kebiasaan buruk

Misalnya seperti merokok, minum minuman beralkohol, sering begadang semalaman, ataupun menghindari semua makanan cepat saji yang mengandung pengawet tinggi. Kadar pengawet tinggi dapat menurunkan kualitas sperma, dan berisiko bikin kehamilan sulit untuk diwujudkan.

Meskipun ada beragam posisi berhubungan yang banyak disarankan, namun nggak semua posisi setelah berhubungan tersebut benar-benar terbukti efektif dalam meningkatkan peluang kehamilan ya, Bu. Mengingat kondisi tubuh tiap wanita berbeda-beda, jadi ada baiknya jika hendak menerapkan posisi setelah berhubungan tersebut tetap harus berkonsultasi dengan dokter.